UPAYA PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI METODE BERMAIN PERAN (Penelitian Tindakan Kelas pada PAUD Kober Al-Amin Desa Cimari Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis)

Hasanah, Heni (2022) UPAYA PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI METODE BERMAIN PERAN (Penelitian Tindakan Kelas pada PAUD Kober Al-Amin Desa Cimari Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK HENI HASANAH, 2022. “Upaya Pendidik Dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Melalui Metode Bermain Peran”. Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penyelenggaraan PAUD harus lebih berorientasi pada pembelajaran yang berbasis karakter. Kegagalan penanaman nilai karakter yang baik di usia dini akan membentuk pribadi yang bermasalah di masa dewasanya. Kesuksesan orangtua maupun pendidik membimbing anaknya dalam mengatasi konflik kepribadian di usia dini sangat menentukan kesuksesan anak dalam kehidupan sosial dimasa dewasanya. Bermain peran dapat membantu pendidik menyampaikan pesan-pesan moral dan membentuk karakter anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan perubahan perilaku dalam penanaman nilai-nilai karakter melalui metode bermain peran di PAUD Kober AlAmin Cimari Cikoneng Ciamis. Metode Penelitian ini yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, penilaian dan dokumentasi. Tahapan dari penelitian ini yaitu tahap perencanaan, implementasi tindakan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran dalam menanamkan nilai-nilai karakter mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Dan perubahan perilaku dalam proses penanaman nilai-nilai karakter melalui metode bermain peran dapat meningkatkan perilaku mandiri, disiplin dan tanggung jawab anak. Dapat diketahui bahwa pada siklus I rata-rata presentase perilaku mandiri anak adalah 35%, disiplin 41% dan tanggung jawab 47% berada pada kategori rendah, sedangkan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi perilaku mandiri 70%, disiplin 70% dan tanggung jawab 70% dengan kategori tinggi. Hal tersebut menandakan terdapat peningkatan rata-rata presentase perilaku mandiri anak di PAUD Kober Al-Amin. Jadi kesimpulannya upaya pendidik dalam menanamkan nilai-nilai karakter dapat dikatakan sudah efektif dan berjalan dengan baik. Kata Kunci : Pendidik, Nilai karakter, Bermain peran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:37
Last Modified: 14 Nov 2022 04:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7373

Actions (login required)

View Item View Item