Almukhalis, Muhammad Raihan (2022) EVALUASI PERBANDINGAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN SILIWANGI DENGAN METODE BINA MARGA 2017 DAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CIRCLY 7.0 DENGAN METODE AUSTROADS 2017. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (214kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (237kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (199kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (70kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
EVALUASI PERBANDINGAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN SILIWANGI DENGAN METODE BINA MARGA 2017 DAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CIRCLY 7.0 DENGAN METODE AUSTROADS 2017 Muhammad Raihan Almukhalis1), H. Herianto2), Gary Raya Prima3) 1,2,3Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Tasikmalaya Email : mraihana22@gmail.com ABSTRAK Jalan Siliwangi memiliki panjang jalan 3 km dan lebar rata-rata 7 m. Membentang dari perempatan Jalan Perintis Kemerderkaan hingga ke perempatan Jalan Sapta Marga. Sebagai jalan penting dalam kota, banyak dilalui kendaraan, sudah lama ada dan keadaan tanah serta sistem jaringan drainase cukup buruk membuat air sering meluap sampai menggenang pada permukaan jalan yang merusak keadaan tebal perkerasan jalannya. Berkembangnya ilmu dan teknologi dalam metode perencanaan tebal perkerasan jalan baik dalam bentuk manual desain ataupun software, maka perlu dilakukan analisis evaluasi perbandingan perencanaan tebal perkarasan jalan. Menggunakan Manual Desain Metode Bina Marga 2017 dan Software Circly 7.0 Metode Austroads 2017. Berdasarkan hasil analisis untuk metode bina marga dari surface menggunakan AC-WC tebal 4cm, AC-BC tebal 6 cm, base menggunakan AC Base tebal 10.5 cm, subbase menggunakan agregat kelas A tebal 30 cm, agregat kelas B 13 cm, subgrade mengalami perbaikan dengan stabilisasi semen atau material timbunan pilihan tebal 20 cm. Sedangkan software Circly 7.0 metode Austroads dari surface menggunakan AC ukuran 1.4 cm tebal 4 cm, AC ukuran 2 cm tebal 5.5 cm, base menggunakan semen modulus 500 MPa tebal 25 cm, subbase menggunakan granular modulus 150 MPa tebal 25 cm, subgrade mengalami perbaikan dengan stabilisasi semen atau campuran semen. Adanya perbedaan dikarenakan prosedur desainnya. Metode manual desain Bina Marga dalam pemilihan material tidak begitu spesifik pada material yang digunakan seperti ukuran dan kekuatannya tetapi dalam segi ketebalan material cukup diberikan jelas. Metode Austroads lebih spesifik dalam pemilihan material yang digunakan baik ukuran maupun kekuatannya tetapi dalam segi ketebalan material dibantu menggunakan software Circly 7.0. Kata kunci: Jalan, Evaluasi , Perkerasan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 08:58 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 08:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7363 |
Actions (login required)
View Item |