ALAWIYAH, IRA TUTI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR SEJARAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI MASUKNYA JEPANG KE INDONESIA DI KELAS XI IPS I SMA PESANTREN CINTAWANA TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (118kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (56kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (49kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (53kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (201kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (153kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (160kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (199kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
Abstract
ABSTRAK IRA TUTI ALAWIYAH. 2022. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR SEJARAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI MASUKNYA JEPANG KE INDONESIA DI SISWA KELAS XI IPS I SMA PESANTREN CINTAWANA TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media mind mapping terhadap berpikir sejarah siswa di kelas XI IPS SMA Pesantren Cintawana tahun ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan pretestposttest design yang bertujuan untuk mengetahui hasil data sebelum dan sesudah diberikannya treatment. Sampel dalam penelitian menggunakan 29 orang yaitu kelas XI IPS SMA Pesantren Cintawana tahun ajaran 2021/2022. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi dan butir soal berbentuk pilihan ganda dengan indicator berpikir sejarah. Jumlah soal pilihan ganda yang dipakai yaitu 20 butir soal setelah dilakukan uji validitas. Teknik analisis data menggunakan software SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif yang telah dilakukan maka: 1) proses pembelajaran sebelum menggunakan media mind mapping yaitu menggunakan metode ceramah sudah baik namun peserta didik kurang memahami materi pembelajaran dan cenderung kurang aktif sehingga menyebabkan kurangnya berpikir sejarah siswa 2) proses pembelajaran menggunakan media mind mapping di kelas XI IPS I pertama guru menyiapkan media mind mapping yang di dalamnya sudah tersedia rangkuman materi, setelah itu guru menjelaskan materi dengan berbantuan media mind mapping. Penjelasan materi berdasarkan cabangcabang media mind mapping yang sudah berkaitan langsung dengan central mind mapping dan isi materi yang digunakan. 3) berdasarkan hasil analisis uji hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima dengan diketahui nilai sig (2-tailed) 0,00<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa media mind mapping berpengaruh terhadap berpikir sejarah siswa. Kata Kunci : Media Mind Mapping, Berpikir Sejarah, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 04:16 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 04:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7259 |
Actions (login required)
View Item |