PENGGUNAAN FILM “SANG KIAI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL A’LAA TASIKMALAYA

Fuadi, Muhammad Ikfi Faiz (2022) PENGGUNAAN FILM “SANG KIAI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL A’LAA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text
lembar penguji.pdf

Download (116kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
kata pengantar, daftar isi-bagan-tabel.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ikfi Faiz Fuadi. 182171033. ”Penggunaan Film “Sang Kiai” Sebagai Media Pembelajaran Sejarah bagi Santri di Pondok Pesantren Nurul A’laa Tasikmalaya”. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan film “Sang Kiai” sebagai media pembelajaran sejarah bagi santri di pondok Pesantren Nurul A’laa Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era globalisasi yang mempengaruhi pada media pembelajaran sejarah santri di pondok Pesantren Nurul A’laa Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian melalui obervasi, studi dokumen, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses penggunaan film “Sang Kiai” mendorong seorang guru harus memiliki persiapan yang matang untuk mampu mencapai tujuan pembelajaran sejarah. Respon santri dan ustadz pada penggunaan film “Sang Kiai” sebagai media pembelajaran sejarah ditandai dengan santri yang antusias pada kegiatan pembelajaran berlangsung, sedangkan respon ustadz dapat ditandai dengan tercapainya tujuan pembelajaran karena adanya alat bantu berupa film sebagai media pembelajaran. Kelebihan penggunaan film mampu mengenalkan pentingnya sejarah nasionalisme, selain itu mampu mengenalkan esensi nilai pembelajaran agama memiliki keterkaitan dengan tumbuhnya karakter rasa perjuangan demi suatu negara dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Adapun kekurangan penggunaan film “Sang Kiai” sebagai media pembelajaran sejarah bagi santri adalah terdapat adegan yang tidak perlu dimuat seperti mencium bokong sapi. Hal tersebut dapat dilihat dari proses kegiatan pembelajaran santri. Kata Kunci: Film, sang kiai, media pembelajaran sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:16
Last Modified: 07 Nov 2022 06:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7232

Actions (login required)

View Item View Item