PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL TOUR MUSEUM SANGIRAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI MANUSIA PURBA DI INDONESIA DAN DUNIA DI KELAS X IPS I SMAN 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022

NITAMI, FADILLA FEBRIANTY (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL TOUR MUSEUM SANGIRAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI MANUSIA PURBA DI INDONESIA DAN DUNIA DI KELAS X IPS I SMAN 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (65kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR BAGAN, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK FADILLA FEBRIANTY NITAMI. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Tour Museum Sangiran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Manusia Purba di Indonesia dan Dunia di Kelas X IPS 1 SMAN 1 Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran Virtual Tour Museum Sangiran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Manusia Purba di Indonesia dan Dunia di Kelas X IPS 1 SMAN 1 Tasikmalaya. Kurangnya motivasi belajar siswa itu dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu kurangnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran seperti pada kegiatan diskusi dan tanya jawab, kemudian dalam pembelajaran sejarah peminatan peserta didik selalu dihadapkan dengan kesulitan dalam mempelajari istilah-istilah yang baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true experimental. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 165 orang dan sampelnya sebanyak 65 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan pengisian kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t�test dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 untuk windows. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nilai Asymp Sig (2-tailed) lebih kecil daripada nilai probabilitas yaitu 0,002 < 0,05 yang berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari media pembelajaran virtual tour museum Sangiran terhadap motivasi belajar siswa di kelas X IPS 1 SMAN 1 Tasikmalaya. Kata Kunci : Virtual Tour Museum Sangiran, Motivasi Belajar Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Nov 2022 00:25
Last Modified: 05 Nov 2022 00:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7212

Actions (login required)

View Item View Item