PENGGUNAAN BIOGRAFI K.H. WAHID HASYIM SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERAN TOKOH NASIONAL DALAM MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI MIPA 7 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022

ZAIN, DINAR LUQIANA (2022) PENGGUNAAN BIOGRAFI K.H. WAHID HASYIM SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERAN TOKOH NASIONAL DALAM MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI MIPA 7 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAC.pdf

Download (30kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dinar Luqiana Zain. 182171062. Penggunaan Biografi K.H. Wahid Hasyim Sebagai Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Peran Tokoh Nasional Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/ 2022. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan biografi K.H. Wahid Hasyim pada mata pelajaran sejarah materi Peran Tokoh Nasional dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia di kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Penggunaan biografi K.H. Wahid Hasyim sebagai bahan ajar pada mata pelajaran sejarah materi peran tokoh nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 5 Tasikmalaya merupakan pembelajaran yang tepat disampaikan kepada peserta didik ketika pembelajaran tatap muka terbatas dengan metode ceramah dan diskusi serta model pembelajaran discovery learning. Kompetensi dasar dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Guru dan peserta didik dapat menyesuaikan pembelajaran meskipun dengan sistem tatap muka secara terbatas. Materi pembelajaran tersampaikan dengan baik, dilanjutkan dengan penugasan peserta didik berupa soal tes uraian melalui diskusi kelompok kemudian pemaparan hasil diskusi oleh peserta didik. Penggunaan biografi K.H. Wahid Hasyim sebagai bahan ajar ini dapat memberikan pembelajaran terkait perjuangan tokoh serta peserta didik dapat meneladani perjuangan dari tokoh K.H Wahid Hasyim. Kata Kunci : Penggunaan Biografi, Bahan Ajar, K.H Wahid Hasyim

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Nov 2022 00:23
Last Modified: 05 Nov 2022 00:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7192

Actions (login required)

View Item View Item