PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TANGGAPAN TENTANG KUALITAS KARYA DALAM BENTUK TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Sindangraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021)

Azizah, Lu’lu (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TANGGAPAN TENTANG KUALITAS KARYA DALAM BENTUK TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Sindangraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Lu’lu Azizah. 2022. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan serta Menyajikan Tanggapan tentang Kualitas Karya dalam Bentuk Teks Ulasan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Sindangraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan tanggapan tentang kualitas karya dalam bentuk teks ulasan merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun, peserta didik kelas VIII F MTs Sindangraja Kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2020/2021 banyak yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian dilakukan dua siklus. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kesatu, pada aspek pengetahuan 3.12 tentang menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan sebanyak 16 orang (59%) telah mencapai KKM dan 11 orang (41%) belum mencapai KKM. Pada aspek keterampilan 4.14 tentang menyajikan kualiatas karya dalam bentuk teks ulasan sebanyak 18 orang (66,7%) telah mencapai KKM dan 9 orang (33,3%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua kemampuan peserta didik pada aspek pengetahuan dan keterampilan mengalami peningkatan, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM yaitu 70. Penulis juga menyajikan data statistika, berdasarkan hasil uji normalitas data nilai menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan pada siklus kesatu data berdistribusi normal dan pada siklus kedua data berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda dengan uji wicoxon. Uji wicoxon menunjukan bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada nilai W tabel 82,09 dalam taraf signifikasi 0,01. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan tanggapan dalam bentuk teks ulasan pada peserta didik kelas VIII F MTs Sindangraja Kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:27
Last Modified: 03 Nov 2022 06:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7177

Actions (login required)

View Item View Item