PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Pelita Bangsa Kota Bandung Tahun Ajaran 2021/2022)

Sitanggang, Astri Asri (2022) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Pelita Bangsa Kota Bandung Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)

Abstract

ABSTRAK Astri Asri Sitanggang. 2021. Peningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Pelita Bangsa Kota Bandung Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Script meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur�unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Pelita Bangsa Kota Bandung pada tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil pengolahan data, hipotesis yang diajukan terbukti kebenarannya dengan melihat hasil kegiatan pembelajaran peserta didik. Siklus kesatu dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur�unsur teks berita terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 5 orang (16%) dan memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 26 orang (84%). Pada pembelajaran menyimpulkan isi teks berita terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 16 orang (52%) dan memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 15 orang (48%). Siklus kedua dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita, hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik yang berjumlah 31 orang (100%) telah mencapai KKM yaitu 75. Data di atas menunjukkan peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita dari siklus kesatu ke siklus kedua. Artinya, hipotesis yang terdapat dalam penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Pelita Bangsa Kota Bandung tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:27
Last Modified: 03 Nov 2022 06:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7176

Actions (login required)

View Item View Item