PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII K SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Sintia, Sinta (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII K SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (39kB)
[img] Text
3. pernyataan.pdf

Download (72kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5. kata pengantar.pdf

Download (83kB)
[img] Text
6. daftar isi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
7. bab 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
8. bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
9. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
10. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
11. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] Text
13. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sinta Sintia, 2022. Peningkatan Kemampuan Menelaah dan Menulis Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT). (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII K SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menelaah dan menulis teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 Revisi. Kenyataan, peserta didik kelas VII K di SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 masih banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII K SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 dalam menelaah dan menulis teks deskripsi. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 11 orang (41%), dan yang belum mencapai KKM sebanyak 16 orang (59%). Pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 10 orang (37%), dan yang belum mencapai KKM sebanyak 17 orang (63%). Pada siklus kedua, baik pada aspek pengetahuan maupun pada aspek keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 27 orang (100%) berhasil mencapai KKM. Hasil uji normalitas data nilai menelaah dan menulis teks deskripsi pada siklus kesatu dan siklus kedua menunjukkan bahwa data berdistribusi tidak normal sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan dalam menelaah dan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII K SMP Negeri 12 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:27
Last Modified: 03 Nov 2022 06:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7170

Actions (login required)

View Item View Item