PEMIKIRAN PENDIDIKAN ROEHANA KOEDDOES DALAM SURAT KABAR SOENTING MELAJOE 1912-1921

RISMAWATI, RINDI (2022) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ROEHANA KOEDDOES DALAM SURAT KABAR SOENTING MELAJOE 1912-1921. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
2.Lembar Pengesahan.pdf

Download (114kB)
[img] Text
3.Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
6.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rindi Rismawati. 182171029. Pemikiran Pendidikan Roehana Koeddoes Dalam Surat Kabar Soenting Melajoe 1912-1921. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini membahas mengenai pemikiran Roehana Koeddoes mengenai pendidikan dalam surat kabar Soenting Melajoe, yang di latarbelakangi oleh nasib kaum perempuan pada masa penjajahan masih mendapatkan diskriminasi dan banyak aturan yang mengekang terhadap kaum perempuan terutama untuk memperoleh pendidikan. Munculnya surat kabar ini sebagai salah satu wadah dalam menyuarakan keinginan kaum perempuan agar bisa diperlakukan secara adil perannya didalam lingkungan sosial masyarakat dan untuk memberitahukan bahwa bersekolah itu penting bagi kaum perempuan. Diketahui pada saat itu masyarakat Minangkabau memandang bahwa perempuan tidak perlu untuk bersekolah umum/formal karena akhirnya akan menjadi ibu rumah tangga, perempuan cukup mempelajari cara menjadi ibu rumah tangga yang baik, dan tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pemikiran pendidikan Roehana Koeddoes dalam surat kabar Soenting Melajoe 1912-1921. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan historis yang terdiri dari empat tahapan yaitu: heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi literatur, dan sumber yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu: sumber primer dan sumber sekunder. Pemikiran Pendidikan yang dituangkan Roehana dalan Soenting Melajoe membahas mengenai pentingnya seorang perempuan untuk bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak seperti kaum laki-laki, serta Roehana mendefinisikan bahwa pendidikan adalah wadah untuk menghimpun orang-orang agar bisa mendapatkan pembelajaran yang layak, serta menekankan kepada pengetahuan budi pekerti dan ekonomi. Kegemaran Roehana dalam membaca dan menulis sejak dini membentuk keluasan wawasan pengetahuannya tentang pentingnya mendapatkan pendidikan, kepedulian Roehana dalam dunia pendidikan memberikan pengaruh yang besar bagi kemajuan pendidikan terkhusus bagi perempuan di Koto Gadang agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan semestinya. Didirikannya Sekolah Kerajinan Amai Setia menjadi cikal bakal dari penyebaran pendidikan melalui media surat kabar Soenting Melajoe yang didirikan Roehana Koeddoes pada 10 Juli 1912 Kata Kunci: Roehana Koeddoes, Pendidikan, Soenting Melajoe

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:27
Last Modified: 03 Nov 2022 06:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7169

Actions (login required)

View Item View Item