PENDIDIKAN PESANTREN SEBAGAI PRAKTEK PEMBEBASAN (Analisis Pendidikan Kritis Paulo Freire Pada Sistem Pendidikan Pesantren Sukamanah Singaparna Kabupaten Tasikmalaya)

Ginanjar, Gian Sapta (2022) PENDIDIKAN PESANTREN SEBAGAI PRAKTEK PEMBEBASAN (Analisis Pendidikan Kritis Paulo Freire Pada Sistem Pendidikan Pesantren Sukamanah Singaparna Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPS1.pdf

Download (6kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)

Abstract

ABSTRAK Pesantren Sukamanah Singaparna Tasikmalaya menjadi pesantren iconic di kabupaten Tasikmalaya, telah membawa perubahan pada stakeholder didalamnya. Hal ini karena ada kekhasan sistem pendidikan yang dijalankan yaitu, diduga memberikan paham yang membentuk keleluasaan kepada santrinya untuk menjadi peran apapun nantinya, menjadi transformator sosial, distimulus untuk bereksplorasi mandiri, serta mengembangkan kesadaran kritis tetapi selalu berbasiskan akhlaq tidak lain semuanya untuk merubah masyarakat kearah yang baik. Pesantren ini menekankan pada praktek pembebasan meminjam istilah Paulo Freire.Dengan hal diatas, penelitian ini akan mengungkap kebenaran Pratek pendidikan pesantren Suk amanah sebagai Pratek pembebasan lewat pendalaman sistem pendidikan dengan meminjam pisau analisis pendidikan kritis Paulo Freire dalam memahami pendidikan pesantren Sukamanah Singaparna sebagai praktek pembebasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap model dan filosofis pendidikan pesantren Sukamanah yang ditinjau dari pendidikan kritis Paulo Freire. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Pendidikan kritis Paulo Friere, teori Kritis, dan Paradigma baru pesantren. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive dan Snowball Sampling. Validitas data menggunakan Triangulasi sumber dan Analisis data yang digunakan adalah Analisis isi dan deskriptif dari pengumpulan data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendidikan pesantren Sukamanah yang dianalisis berdasarkan pendidikan kritis Paulo Freire, Pesantren Sukamanah menghendaki pendidikan atas manusia sebagai subjek dan dunia sebagai objek. Kehadiran pendidikan pesantren Sukamanah mengindahkan proses pendewasaan pola berfikir santri menuju berfikir kritis. Berfikir kritis yang landasi atas responsivitas dan interaksi terhadap realitas sekitar.Otoritas kiyai pesantren yang kuat tidak mengharuskan harus menjadi ulama, tetapi mengarahkan akhlak ulama dalam keseharian dimasyarakat dan bebas berekpresi berprofesi apapun. adapun praktek kritis dengan adanya forum diskusi sikap tawasut (moderat) ditingkat pengurus-mudarist dan santri. Disini melahirkan apa yang dikatakan Paulo Freire sebagai proses Konsientisasi (penyadaran) melalui dialog. Sukamanah dalam interaksi yang menjungjung keegaliteran atau dialog emansipatoris, yang praktik dialognya disesuaikan dengan konsep keluarga. Sehingga dibangun kasih sayang, tidak saling mendominasi tetapi bedasarkan struktur bapak-anak, kakak dan adik. Sehingga menututup keran dominasi dalam pengarahan keilmuan dan praktik. Pendidikan. Sehingga dalam beberapa praktik aksiologi yang sama, praktek pembebaasan yang sejalur dengan pendidikan kritis Paulo Freire, dipesantren Sukamanah layak bisa disebut dengan melakukan praktek pembebasan. Kata Kunci : Pesantren Sukamanah, Pendidikan Kritis, Paulo Freire, pembebasan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:27
Last Modified: 03 Nov 2022 06:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7164

Actions (login required)

View Item View Item