HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPASIAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

DEWI, TRISNA NUR SARI (2022) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPASIAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2_PENGESAHAN.pdf

Download (481kB)
[img] Text
2_PENGESAHAN.pdf

Download (481kB)
[img] Text
3_PERNYATAAN KEORISINALITAS.pdf

Download (183kB)
[img] Text
4_ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
5_KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
6_BAB 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
7_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text
8_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
9_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
10_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
11_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
12_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
13_RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)

Abstract

ABSTRAK TRISNA NUR SARI DEWI. 2022. HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPASIAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spasial dan hasil belajar peserta didik pada sub materi jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh kelas XI MIPA sebanyak 5 kelas dan sampel sebanyak 1 kelas berjumlah 29 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes kecerdasan spasial diambil dari Instrumen Tes Kemampuan Keruangan Hubert Maier oleh Prabowo, A. dan E. Ristiani. (2011). Tes kecerdasan spasial terdiri dari 17 pertanyaan dan hasil belajar diukur menggunakan tes berupa pilihan ganda pada sub materi jaringan tumbuhan terdiri dari 36 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi bivariat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan spasial dengan hasil belajar peserta didik pada sub materi jaringan tumbuhan (studi korelasional di kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021), dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,599 yang berkategori sedang. Kata Kunci: Hubungan; Kecerdasan Spasial; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Nov 2022 00:31
Last Modified: 03 Nov 2022 00:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7153

Actions (login required)

View Item View Item