Wandoyo, Rika Fauziah (2022) KETERAMPILAN PROFESIONAL KREATIF DIGITAL MELALUI PENDIDIKAN INFORMAL (Studi Kasus pada Lembaga Usaha Penthink Creative di Cilembang, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (206kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (353kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (280kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. Halaman Pribadi.pdf Download (182kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Daftar Lampiran.pdf Download (412kB) |
|
Text
7. Bab 1.pdf Download (413kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (432kB) |
|
Text
13. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK WANDOYO, RIKA FAUZIAH., DARUSMAN, YUS., HAMDAN, AHMAD. 2022. KETERAMPILAN PROFESIONAL KREATIF DIGITAL MELALUI PENDIDIKAN INFORMAL (Studi Kasus pada Lembaga Usaha Penthink Creative di Cilembang, Kota Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Era industri 4.0 turut mendisrupsi pendidikan sehingga lahir tatanan baru dan keterampilan baru yakni era digital dan keterampilan digital. Pendidikan di era indutsri 4.0 dimanfaatkan individu untuk mendapatkan dan mengembangkan keterampilan digital agar individu tidak tertinggal zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan professional kreatif digital melalui pendidikan informal yang dilakukan oleh Tim Penthink. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian grounded theory. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yakni dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini fokus pada sumber daya manusia di Penthink Creative yang memiliki keterampilan dengan cara pendidikan informal. Hasil dari penelitian mengenai proses pelaksanaan keterampilan digital kreatif yang dilakukan oleh Tim Penthink secara tersirat dilakukan dengan pendidikan informal yaitu dilakukan dengan belajar mandiri. Sumber pendidikan informal tim Penthink ialah dari teman sebaya,lingkungan sepermainan, pekerjaan, dan juga media sosial seperti youtube dan pinterest. Dampak dari pendidikan informal yang dilakukan membuat tim penthink menjadi kompeten di bidang digital kreatif, memiliki profesi dan membuatnya professional di bidang digital. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa untuk memiliki profesi dan menjadi professional tidak selalu harus menempuh pendidikan formal ataupun pendidikan non formal, tetapi bisa dilakukan melalui pendidikan informal juga. Kata Kunci : Pendidikan Informal, Kreatif Digital, Profesional
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 00:31 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 00:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7148 |
Actions (login required)
View Item |