Angkat, Ali Wendi Putra (2022) PENGUJIAN TINGKAT KELAYAKAN APLIKASI VIRTUAL REALITY 360 MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (114kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI SIDANG TUGAS AKHIR.pdf Download (30kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf Download (31kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (29kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (146kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (127kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR KODE.pdf Download (30kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (109kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
BAB III METODOLOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
Abstract
ABSTRAK Berdasarkan hasil wawancara kepada pihak pengelola objek wisata alam cireong natural view dimana wisata ini sangat ramai dikunjungi masyarakat jauh sebelum masa pandemi, namun setelah situasi pandemi pengunjung objek wisata cireong mulai sedikit yang datang ke tempat objek wisata tersebut hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang tidak dapat menikmati keindahan dari objek wisata alam cireong natural view karena situasi pandemi yang tidak memungkinkan masyarakat untung berkunjung ke tempat objek wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi Virtual Reality (VR) yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menikmati objek wisata tersebut. Virtual Reality terdiri dari dua kata yaitu virtual dan reality yang berarti maya dan realitas. Virtual Reality adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dalam teknisnya, virtual reality digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer dan dapat berinteraksi dengan seseorang. Selain itu, virtual reality digunakan pada foto dan video 360 derajat yang membuat pengguna merasa berada di tempat tersebut. Pembuatan Virtual Reality ini berhasil dilakukan dengan menggunakan metode IMSDD (Interactive Multimedia System of Design Development). Aplikasi Virtual Reality dapat berjalan dengan baik karena berdasarkan pengujian blackbox setiap fungsi berfungsi sebagaimana mestinya. Hasil pengujian beta menggunakan kuesioner perhitungan SUS (System Usability Scale) dengan persentase 79%, aplikasi termasuk dalam kriteria “BAIK”. Kata Kunci : IMSDD, SUS, Virtual Reality
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 00:31 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 00:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7147 |
Actions (login required)
View Item |