ANALISIS IMPLEMENTASI BAURAN PROMOSI PRODUK SIMPANAN ANAK SEKOLAH (SIMAS) DI KSPPS BMT SAHABAT KITA SEMUA

Rukmana, Tasya Nurul Fitriani (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI BAURAN PROMOSI PRODUK SIMPANAN ANAK SEKOLAH (SIMAS) DI KSPPS BMT SAHABAT KITA SEMUA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
SURAT SELESAI PENELITIAN DAN TTD REVISI SKRIPSI.pdf

Download (666kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR DAN DAFTAR TABEL.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Tasya Nurul Fitriani Rukmana, 2022. Analisis Implementasi Bauran Promosi Produk Simpanan Anak Sekolah (SIMAS) Di KSPPS BMT Sahabat Kita Semua. Produk Simpanan Anak Sekolah (SIMAS) adalah salah satu produk simpanan yang ada di KSPPS BMT Sahabat Kita Semua untuk para anak sekolah atau orangtua yang ingin menyimpan uangnya untuk keperluan sekolah. Berdasarkan data, sekolah-sekolah yang menjadi anggota di KSPPS BMT Sahabat kita semua masih sedikit jumlahnya. Hal tersebut terjadi karena kurangnya promosi yang diberikan oleh KSPPS BMT Sahabat Kita Semua. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi bauran promosi produk Simpanan Anak Sekolah (SIMAS) di KSPPS BMT Sahabat Kita Semua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif. Selain itu penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer yang terdiri dari manajer, staff marketing dan guru yang sering melakukan transaksi produk SIMAS di KSPPS BMT Sahabat Kita Semua, sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen-dokumen. Teknik data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama dalam penelitian dan pedoman wawancara, pedoman observasi serta pedoman dokumentasi sebagai instrumen pendukung. KSPPS BMT Sahabat Kita Semua menggunakan bauran promosi dalam melakukan promosinya, yaitu dengan menggunakan personal selling dengan cara melayani langsung nasabah yang datang ke kantor, mengunjungi calon nasabah atau nasabah ke rumahnya, advertising dengan cara memberikan brosur, memasang spanduk atau banner, promosi dengan media sosial, serta memasang iklan di surat kabar, sales promotion dengan cara memberikan cendera mata atau hadiah kepada nasabah yang menyimpan uangnya dalam nominal tertentu, publisitas dengan cara melakukan sosialisasi dan melakukan jaringan/relasi dengan sekolah-sekolah. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari empat bauran promosi tersebut terdapat periklanan (advertising) yang kurang maksimal, karena media iklan yang digunakan kurang banyak. Dari Promosi Penjualan (sales promotion) kurang maksimal, karena jarang ada yang menyimpan uang sesuai dengan nominal tersebut. Kemudian, dari penjualan personal (personal selling) kurang maksimal, karena pengenalan produk-produk di media sosial jarang di post. Lalu selanjutnya, publisitas (publicity) kurang maksimal, karena kurangnya relasi atau jaringan�jaringan dari instansi-instansi lain. Kata Kunci : Promosi, Produk Simpanan Anak Sekolah (SIMAS)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:58
Last Modified: 01 Nov 2022 07:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7117

Actions (login required)

View Item View Item