ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Kualitatif di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

RAHAYU, MELIN MUSTIKA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Kualitatif di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Draf Sidang Skripsi Melin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK MELIN MUSTIKA RAHAYU. 2021. ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Kemampuan literasi sains sangat penting untuk membentuk pola pikir dan menjadi kunci untuk kehidupan di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi sains peserta didik pada mata pelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan adalah instrumen yang sudah tervalidasi yakni instrumen Programme for International Student Assessment (PISA) 2015 untuk mengukur kemampuan literasi sains yang terdiri dari 8 soal multiple choice dan 12 soal open respons. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan kompetensi kemampuan literasi sains persentase urutan dari yang tertinggi ke terendah yakni menjelaskan kemampuan literasi sains (64%), mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah (63,55%) dan menginterpretasi data dan bukti secara ilmiah (62,5%) dengan persentase keseluruhan peserta didik 63,51% yang berarti kemampuan peserta didik tergolong dalam kategori sedang. Hal ini menggambarkan bahwa peserta didik sudah mulai mampu menggunakan dan mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan ilmiah meskipun masih terbatas pada situasi tertentu. Kata Kunci : Biologi, Kemampuan Literasi Sains, Peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Oct 2022 00:47
Last Modified: 26 Oct 2022 00:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7015

Actions (login required)

View Item View Item