ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN PROSEDUR KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Penelitian terhadap Peserta didik Kelas IX SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)

MAULANA, FIRMAN (2018) ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN PROSEDUR KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Penelitian terhadap Peserta didik Kelas IX SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI REVISI DI GARAP FIRMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK FIRMAN MAULANA. 2018. Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Penelitian terhadap Peserta didik Kelas IX SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kesalan prosedur kastolan. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian soal tes siste persamaan linear dua variabel dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini peneliti itu sendiri dengan instrumen pendukungnya meliputi soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Responden dalam penelitian ini terdiri dari dua orang peserta didik dari masing-masing kesalahan dalam menyelesaikan soal yang diambil secara “snowball sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peserta didik dominan tidak mengerti dengan soal cerita yang diberikan, kebingungan dalam menentukan rumus untuk mendapatkan proses penyelesaian dan mendapatkan hasil, terbukti dari beberapa subjek yang salah dalam menyelesaikan soal. (2) mengalami kesalahan prosedural dimana peserta didik mengerti dan memahami soal yang diberikan, sanggup menemukan rumus untuk mencari hasil, namun hanya sampai setengah jalan karena mendapati kendala dengan alasan tidak ingat dengan proses selanjutnya sehingga hasil akhir tidak dapat ditemukan (3) kesalahan yang mendasar dimana subjek tidak dapat menentukan operasi yang terkandung diantaranya penjumlahan, dan perkalian, sehingga berakibat pada hasil jawaban yang salah. Kata kunci: kesalahan prosedur Kastolan, soal cerita, persamaan linear dua variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Oct 2022 00:46
Last Modified: 26 Oct 2022 00:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6991

Actions (login required)

View Item View Item