PERENCANAAN REAKTIVASI JALAN REL KERETA API RUTE RANCAEKEK – TANJUNGSARI STA 0+000 – STA 11+232

Amirullah, Ridho Alhuda (2021) PERENCANAAN REAKTIVASI JALAN REL KERETA API RUTE RANCAEKEK – TANJUNGSARI STA 0+000 – STA 11+232. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (488kB)
[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PERENCANAAN REKATIVASI JALAN REL KERETA API RUTE RANCAEKEK – TANJUNGSARI STA 0+000 – STA 11+232 Ridho Alhuda Amirullah1 , Herianto, Ir., M.T.2 , Hendra, S.T., M.Sc.2 , Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No. 24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia E-mail : amirullah0611@gmail.com ABSTRAK Pemerintah Provinsi Jawa Barat berniat mengaktifkan kembali jalur kereta api rute Rancaekek-Tanjungsari yang sejak zaman penjajahan jepang sudah tidak beroprasi lagi melalui Raperda No. 22 Tahun 2010 tentang RTRW Jawa Barat (2009 – 2029). Hal tersebut selaras dengan rencana untuk memudahkan akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Dengan adanya jalur el kereta api ekonomi sebagai angkutan massal diharapkan dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi, sehingga mengurangi kemacetan di jalan Raya Cierbon�Bandung. Dalam perencanaan jalur rel Rancaekek-tanjungsari diperlukan pengumpulan data sekunder berupa peta tata guna lahan, topografi, dan curah hujan Rancaekek-Tanjungsari. Data yang diperoleh digunakan untuk merencanakan penentuan trase, perhitungan alinyemen horizontal dan vertikal, perencanaan struktur jalan rel, serta perencanaan drainase jalan rel. Dari hasil analisis, jalur baru direncanakan tetapi masih mengikuti jalur eksisting Rancaekek-tanjungsari. Dalam perhitungan geometrik, jalur kereta api termasuk ke dalam kategori kelas jalan III dengan panjang jalur 11.272 km, kecepatan rencana 100 km/jam dengan 8 tikungan menggunakan lengkung Spiral�Circle-Spiral dan R minimum 550 m. Untuk analisis konstruksi, tipe rel yang digunakan adalah R.54, bantalan produksi PT. Wika Beton tipe N-67. Untuk tebal lapisan balas 30 cm, tebal sub-balas tidak boleh melebihi 55 cm. Perencanaan drainase mengunakan sistem saluran samping berbentuk trapesium dengan lebar permukaan air 192 cm dan kedalaman air 80 cm. Kata Kunci : Alinyemen, Analisis Konstruksi, Curah Hujan, Drainase, Geometrik, Jalan Rel, , Reaktivasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Oct 2022 00:46
Last Modified: 26 Oct 2022 00:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6990

Actions (login required)

View Item View Item