ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

RAHMATILAH, HILMAN FAUZI (2018) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
142151125_Hilman Fauzi Rahmatilah_Analisis Kesulitan Peserta Didik Pada Kemampuan Berpikir Kritis Mtematis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK HILMAN FAUZI RAHMATILAH. 2018. Analisis Kesulitan Peserta Didik pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan berpikir kritis matematis peserta didik di Sekolah Menengah Pertama dalam menyelesaikan soal dengan materi sistem persamaan linier dua variabel. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah enam orang peserta didik kelas IX di SMP Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes kemampuan kritis matematis dan wawancara. Analisis data kualitatif menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi). Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah (1) Kesulitan berpikir kemampuan berpikir kritis matematis tinggi terjadi karena tidak mampu menyelesaikan permasalahan pada tiga indikator yakni kemampuan mengidentifikasi konsep, kemampuan menganalisis dan kemampuan mengevaluasi.(2) Kesulitan kemampuan berpikir kritis matematis sedang terjadi karena tidak mampu menyelesaikan permasalahan pada dua indikator indikator yakni kemampuan menganalisis dan kemampuan mengevaluasi.(3) Faktor yang menyebabkan kesulitan berpikir kritis peserta didik berkesulitan tinggi karena empat komponen yakni kesulitan fakta tidak memahami permasalahan konstektual, kesulitam konsep memahami materi sistem persamaan linier dua variabel, kesulitan prinsip tidak dapat memadukan antar konsep matematika dan kesulitan keterampilan cenderung menggunakan logika dan argumen yang salah atau tidak tepat.(4) Faktor yang menyebabkan kesulitan berpikir kritis peserta didik berkesulitan sedang karena tiga komponen yakni kesulitan fakta kebingungan atau terhenti saat berhitung, kesulitan prinsip tidak dapat memadukan antar konsep matematika dan kesulitan keterampilan ragu dengan jawabannya dan memilih cara sendiri untuk menjawab. Kata kunci: Kesulitan, kemampuan berpikir kritis matematis dan faktor penyebab kesulitan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:41
Last Modified: 14 Oct 2022 06:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6915

Actions (login required)

View Item View Item