PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) OLEH TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi Pada Program Kesetaraan Paket C Di PKBM Riyadlushorpiyyah, Kota Tasikmalaya)

ATHMADINNA, ALMA DEWI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) OLEH TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi Pada Program Kesetaraan Paket C Di PKBM Riyadlushorpiyyah, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Alma Dewi Athmadinna_162103046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ALMA DEWI ATHMADINNA. 2020. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) OLEH TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Jurusan Pendidikan Masyarakat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sudah dilakukan di kegiatan proses belajar mengajar, akan tetapi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih kurang efektif, maka peneliti melakukan penelitian melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dilakukan oleh tutor dengan memotivasi peserta didik agar dalam pembelajaran dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan dan penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada peserta didik program kesetaraan paket C. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini adalah non-probability volunteer snowball sampling. Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa penerapan model contextual teaching and learning (CTL) oleh tutor dapat dilihat dari 7 (tujuh) indikator yaitu kontruktivisme, inkuiri, questioning, learning community, modeling, reflection, authentic assement dan untuk motivasi belajar dilihat dari 6 (enam indikator yakni hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan yang menarik dalam belajar). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar terhadap peserta didik dilihat dari ke 7 (tujuh) indikator, 4 diantaranya sangat dominan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yakni kontruktivisme, inkuiri, questioning, dan learning community. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Motivasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 05 Oct 2022 06:32
Last Modified: 05 Oct 2022 06:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6896

Actions (login required)

View Item View Item