PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA TERHADAP KECAKAPAN HIDUP SOSIAL (Studi pada Peserta Didik SMAN 5 Kota Tasikmalaya)

YULIANTI, AYU (2019) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA TERHADAP KECAKAPAN HIDUP SOSIAL (Studi pada Peserta Didik SMAN 5 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kegiatan pramuka terhadap kecakapan hidup sosial (studi pada peserta didik SMAN 5 Kota Tasikmalaya). Dengan rumusan masalah Apakah terdapat pengaruh kegiatan ekstrakulikuler pramuka terhadap kecakapan hidup sosial (studi pada peserta didik SMAN 5 Kota Tasikmalaya). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai pengaruh kegiatan ekstrakulikuler pramuka terhadap kecakapan hidup sosial (studi pada peserta didik SMAN 5 Kota Tasikmalaya). Penelitian ini berpijak pada landasan teoritis mengenai pengertian kepramukaan, tujuan, fungsi kegiatan pramuka serta konsep pendidikan kecakapan hidup sosial yang terdiri dari indikator berkomunikasi, kepedulian, kerjasama, tanggung jawab, kepemimpinan, berpartisipasi dan berpendapat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 orang peserta didik diambil dari populasi yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SMAN 5 Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data diperoleh variabel Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kecakapan Hidup Sosial (Studi pada Peserta Didik SMAN 5 Kota Tasikmalaya). Hasil analisis data terdapat indikator dari variabel y yaitu sebanyak 7 indikator, dari ke 7 indikator tersebut ada 5 indikator yang dominan atau korelasinya kuat dan 2 indikator yang tidak dominan yaitu kepedulian dan berpartisipasi. Ditunjukan olah hasil koefisien korelasi (R²) sebesar 0,682. Nilai t hitung sebesar 11,340, t tabel 1,617 dan signifikansi 0,033. Karena nilai t hitung 11,340 > t tabel 1,617 dan signifikan 0,033 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya berarti hipotesis penelitian di terima. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara ekstrakulikuler pramuka terhadap kecakapan hidup sosial (studi pada peserta didik SMAN 5 Kota Tasikmalaya) dan kontribusi pengaruh variabel ekstrakulikuler pramuka sebesar 68,4 terhadap kecakapan hidup sosial tergolong kuat. Sedangkan 31,8 % dipengaruhi indikator dari variabel Y yang tidak dominan yaitu kepedulian dan berpartisipasi. Dari hasil penelitian ini, bahwa kegiatan ekstrakulikuler ini berpengaruh terhadap kecakapan hidup sosial dengan berbagai kegiatan didalamnya. Katakunci: Kegiatan esktrakulikuler pramuka, kecakapan hidup sosial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:36
Last Modified: 03 Sep 2019 01:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item