PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)

MEIDIANTI SUNARYA, TANTI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 FIX COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
2 KATA PENGANTAR.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Masalah pada penelitian mengenai rendahnya pemahaman siswa dalam mempelajari materi pembelajaran, sehingga siswa tidak maksimal dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru. Tujuannya meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing di kelas X IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Metode yang digunakan quasi eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas X IPS sebanyak 174 orang siswa dari 5 kelas dan sampel penelitian ini sebanyak 67 orang siswa dari kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan X IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman siswa berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Teknik analisis data yang diggunakan adalah menggunakan bantuan IBM SPSS Statistik 23 yaitu paired t-test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data, menunjukan terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 83 dengan menggunkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 70,18 dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Maka mengalami peningkatan sebesar 23,21%. Hasil ini terbukti bahwa proses pembelajaran di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa yang lebih baik dibandingkan proses pembelajaran di kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi dengan materi manajemen di kelas X IPS SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Kata Kunci: Model, Inkuiri, Terbimbing, Pemahaman, Konsep

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:18
Last Modified: 03 Sep 2019 01:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item