ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA TOKO MEBEL DASAR MILIK TASIKMALAYA

Gusandi, Alvin (2019) ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA TOKO MEBEL DASAR MILIK TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI Alvin Gusandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Alvin Gusandi 2019, Analisis Strategi Promosi Dan Kualitas Produk Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Toko Mebel Dasar Milik Tasikmalaya. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Mebel merupakan perlengkapan rumah tangga yang mencakup semua barang seperti lemari, meja dan lemari. Seiring perkembangan zaman banyak perusahaan yang bergerak pada bidang industri permebelan tumbuh dengan pesat, hal ini dikarenakan banyaknya permintaan atas barang tersebut, sehingga satu sama lain saling bersaing untuk meperebutkan konsumen. Para pengusaha mebel harus mempunyai strategi bersaing yang efektif dan efisien untuk mempertahankan produk agar tetap diterima oleh konsumen. Diantara strategi untuk bersing tersebut adalah menerapkan strategi promosi dengan tujuan agar produk yang ditawarkan dapat diketahui oleh konsumen secara luas, serta berusaha untuk menghasilkan kualitas produk yang mampu bersaing, dan berusaha menciptakan produk-produk dengan kualitas yang tinggi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adalah bagaimana strategi promosi dan kualitas produk dalam menghadapi persaingan bisnis pada toko mebel Dasar Milik Tasikmalaya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, data tersebut diambil melalui data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis dengan cara deskriptif yaitu menggambarkan secara sistematik dan akurat fakta mengenai objek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti pada toko mebel Dasar Milik Tasikmalaya dapat disimpulkan bahwa strategi promosi yang digunakan yaitu strategi bauran promosi yang meliputi periklanan (advertensing), personal selling, sales promotion (promosi penjualan), publicity, dan direct marketing.Tidak ada karyawan khusus yang menjalankan promosi, sehingga pada pelaksanaannya belum efektif. Produk yang dijual berasal dari produk yang diproduksi sendiri dan produk yang diperoleh dari pabrik. kualitas produk terdiri dari dimensi performance (kinerja), durability (daya tahan), conformance to specification (kesesuaian dengan spesifikasi), features (fitur), reliabilty (reliabilitas), aesthetics (estetika), perceived quality (kesan kualitas). Niali tertinggi yaitu daya tahan produk karena terbukti dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kata kunci : Strategi promosi, produk, kualitas produk, persaingan bisnis, toko mebel Dasar Milik Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Sep 2022 08:08
Last Modified: 21 Sep 2022 08:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6790

Actions (login required)

View Item View Item