PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA

Nurfalah, Sarah (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 1 - BAB 5 - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (6kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Peserta didik cenderung kurang antusias dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik belum memperoleh hasil belajar sesuai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar peserta didik. Penentuan sampel menggunakan random sampling dan diperoleh sebanyak 118 peserta didik dari populasi peserta didik kelas X IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana, uji korelasi, uji determinasi dan non determinasi. Dari hasil analisis data perhitungan uji regresi, diperoleh nilai persamaan regresinya yaitu yang menyatakan bahwa koefisien regresi tersebut bernilai positif. Dari analisis data perhitungan uji korelasi, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,572 yang masuk pada kategori agak rendah. Artinya reward dan punishment berpengaruh agak rendah terhadap minat belajar peserta didik. Selanjutnya hasil dari analisis uji determinasi dan non determinasi adalah 32,7%, sedangkan sisanya sebesar 67,3% merupakah pengaruh dari faktor lain. Hasil dari uji t, diketahui bahwa nilai signifikansi < 0,05 dan yaitu 7.503 1.981. Artinya, pemberian reward dan punishment berpengaruh signifikan terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Kata kunci: Belajar, Minat, Punishment, Reward

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:15
Last Modified: 03 Sep 2019 01:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item