ANALISIS PROSES BERPIKIR METAFORA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA

HENDARTO, EVITA SRI UTARI (2021) ANALISIS PROSES BERPIKIR METAFORA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (163kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (527kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI , GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (630kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

ABSTRAK EVITA SRI UTARI HENDARTO. 2021. Analisis Proses Berpikir Metafora Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir metafora pada siswa dengan kecemasan matematika rendah, kecemasan matematika sedang dan kecemasan matematika tinggi. Metode penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik angket dan wawancara. Instrumen berupa satu buah soal untuk mengukur proses berpikir metafora dan angket kecemasan matematika yang dikembangkan oleh Cavanagh dan Sparow. Lokasi penelitian di SMP Negeri 3 Ciamis. Subjek penelitian berasal dari siswa kelas IX yang masing-masing satu orang yang mewakili siswa dengan kecemasan matematika rendah, kecemasan matematika sedang dan kecemasan matematika tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses berpikir metafora pada siswa dengan kecemasan matematika rendah menunjukkan keenam indikator proses berpikir metafora secara sistematis, lengkap dan tepat. (2) Proses berpikir metafora pada siswa dengan kecemasan matematika sedang menunjukkan kesalahan dalam proses transform hingga proses experience. (3) Proses berpikir metafora pada siswa dengan kecemasan matematika tinggi menunjukkan kesalahan dalam proses analyze hingga proses experience. Kata kunci: analisis, proses berpikir metafora, kecemasan matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Sep 2022 08:17
Last Modified: 15 Sep 2022 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6751

Actions (login required)

View Item View Item