STUDI ANALISIS RUGI-RUGI BATERAI TIPE ALUMUNIUM UDARA PADA BEBAN LISTRIK STATIS

Munadi, Hasyir Ahmad (2021) STUDI ANALISIS RUGI-RUGI BATERAI TIPE ALUMUNIUM UDARA PADA BEBAN LISTRIK STATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover .pdf

Download (110kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Hasyir Ahmad Munadi Program Studi : Teknik Elektro Judul : Studi Analisis Rugi-rugi Baterai Tipe Alumunium Udara pada Beban Listrik Statis Rugi-rugi baterai tipe alumunium udara (Al-udara) pada beban listrik statis telah dianalisis. Sel baterai Al udara berbentuk segi empat dengan panjang 6 cm, lebar 5 cm, dan tebal 1 cm. Baterai menggunakan plat Al, KOH, tissue, dan silika xerogel berturut-turut sebagai anoda, elektrolit, separator dan bahan aktif katoda udara. Karakteristik baterai ditentukan dengan memvariasikan charging dan pengisian ulang larutan elektrolit ke dalam sel baterai. Sel baterai dikarakterisasi menggunakan metode Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS) dan Battery Testing System (BTS). Modul baterai dikonfigurasi dengan 12 sel baterai yang tersusun secara paralel/seri. Modul baterai diuji ke beban listrik statis menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED) berdaya 75 mW. Rugi-rugi baterai Al-udara (impedansi karakteristik) sebelum dan setelah pengosongan pada lampu LED dibandingkan dan dianalisis. Hasil menunjukkan bahwa arus pengosongan optimum baterai adalah 0.8 mA dan kapasitas maksimum 0,59 mAh. Pada pengujian beban LED, pengulangan charging baterai menurunkan waktu uji dan suplai daya baterai terhadap beban. Waktu uji baterai dan daya suplai baterai terhadap beban LED berturut-turut menurun dari 185 menit menjadi 7 menit dan dari 18,69 mWatt menjadi 3,14 mWatt jika baterai melakukan pengulangan charging dari charging pertama sampai charging keempat, sehingga rugi-rugi daya sekitar 83,2% dari daya originalnya untuk sampai ke pengulangan charging keempat. Selanjutnya, pengisian ulang larutan elektrolit ke baterai meningkatkan waktu uji dan suplai daya ke beban LED. Waktu uji baterai dan daya suplai baterai terhadap beban LED berturut-turut meningkat dari 203 menit menjadi 2936 menit dan dari 14,6 mWatt menjadi 27,06 mWatt jika baterai melakukan pengisian ulang elektrolit dari pengisian pertama sampai pengisian keempat, sehingga ada peningkatan daya baterai sekitar 85,3% dari daya originalnya pada pengisian elektrolit keempat. Kata kunci: Baterai Al udara, rugi-rugi baterai, discharging, EIS, LED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:16
Last Modified: 14 Sep 2022 08:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6735

Actions (login required)

View Item View Item