HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TUBERKULOSIS DENGAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN DIMENSI QUOTE TB LIGHT DI PUSKESMAS KECAMATAN KAWALU KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2021

INDARTIE, AGNIA EKAPUTRI (2021) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TUBERKULOSIS DENGAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN DIMENSI QUOTE TB LIGHT DI PUSKESMAS KECAMATAN KAWALU KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
10. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA 2021 ABSTRAK AGNIA EKAPUTRI INDARTIE HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TUBERKULOSIS DENGAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN DIMENSI QUOTE TB LIGHT DI PUSKESMAS KECAMATAN KAWALU KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2021 Pada tahun 2019, Indonesia menempati urutan ke 14 negara kontributor beban TB (Tuberkulosis) terbesar. Salah satu provinsi di Indonesia yaitu Jawa Barat terjadi peningkatan kasus dari tahun 2018-2019 dan tahun 2020 angka keberhasilan pengobatan hanya terealisasi 73,16% dari target 89%. Hal tersebut perlu dianalisis lebih lanjut dari segi kualitas pelayanan. Metode khusus untuk menilai kualitas pelayanan TB dari perspektif pasien yaitu Quote TB Light (Quality of Care as seen through the Eyes of the Patient Tuberculosis). Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan tuberkulosis dengan kepuasan pasien berdasarkan dimensi Quote TB Light di Puskesmas Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya tahun 2021. Jenis penelitian analitik melalui pendekatan cross sectional dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yang berjumlah 57 pasien TB kategori 1 yang terdaftar pada bulan Januari sampai Juni tahun 2021. Analisis penelitian ini terdiri dari analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan chi square dengan bantuan software program SPSS. Ada hubungan antara kualitas dimensi ketersediaan layanan TB (p value = 0,000), komunikasi dan informasi (p value = 0,000), interaksi pasien-petugas TB dan konseling (p value = 0,001), kaitan TB-HIV (p value = 0,000), infrastruktur (p value = 0,001), kompetensi profesional (p value = 0,003), keterjangkauan (p value = 0,001), stigma (p value = 0,001) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya Tahun 2021. Ada hubungan antara seluruh dimensi Quote TB Light dengan kepuasan pasien. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih meningkatkan kinerja kualitas pelayanan TB yang masih kurang optimal terutama dimensi ketersediaan layanan TB. Kepustakaan : 2009 - 2021 Kata Kunci : TB, Kualitas pelayanan, Kepuasan Pasien, Quote TB Light

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:13
Last Modified: 14 Sep 2022 08:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6708

Actions (login required)

View Item View Item