ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI TEORI BELAJAR VAN HIELE (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 9 Tasikmalaya

WANGI, GALUH (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI TEORI BELAJAR VAN HIELE (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 9 Tasikmalaya. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (146kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, TABLE, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK GALUH WANGI. 2014. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Belajar Van Hiele (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 9 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari teori belajar Van Hiele dan mendeskripsikan penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari teori belajar Van Hiele. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan triangulasi berupa pemberian soal tes, wawancara secara semi-terstruktur dan menulis catatan lapangan. Instrumen utama dalam penelitian ini peneliti sendiri dengan instrumen bantuan lainnya soal tes, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini peserta didik kelas IX SMP Negeri 9 Tasikmalaya yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Teknik analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini sebanyak 14 peserta didik berada di tingkat 0 dan 16 peserta didik berada di tingkat 1. Peserta didik banyak melakukan kesalahan data dengan tidak menuliskan apa yang di dapat dari soal dan tidak menuliskan satuan, kesalahan menginterpretasikan bahasa karena tidak memahami maksud dan tujuan dari soal tersebut, serta kesalahan menggunakan teorema atau definisi sehingga salah dalam perhitungan. Kata kunci: kesalahan, bangun ruang sisi datar, teori belajar Van Hiele

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:36
Last Modified: 09 Sep 2022 08:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item View Item