SANDRAINI, VERRA (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK (Survey Pada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (48kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (292kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (413kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (312kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) |
Abstract
ABSTRAK Verra Sandraini. (2021). Skripsi. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik (Survey Pada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Suhendra, Drs., M.Pd. dan Ati Sadiah, S.Pd., M.Pd. Prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal (faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik) dan faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar diri peserta didik). Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya yang masih rendah. Masih banyak peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang belajar mata pelajaran ekonomi berjumlah 175 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan sampel jenuh sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu (1) Faktor jasmaniah (5,810%), (2) Faktor psikologis (13,167%), (3) Faktor keluarga (17,655%), (4) Faktor sekolah (38,883%), (5) Faktor lingkungan masyarakat (6,543%). Faktor yang memberikan kontribusi paling besar yaitu faktor sekolah sebesar 38,883%, dan faktor dengan kontribusi paling kecil yaitu faktor jasmaniah sebesar 5,810%. Dari keseluruhan kontribusi yang diberikan oleh seluruh faktor yaitu sebesar 82,058%. Kata Kunci: Faktor, Prestasi Belajar, Ekonomi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:35 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6686 |
Actions (login required)
View Item |