PENGARUH E-COMMERCE DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SILIWANGI

Ramdaniyati, Rani (2019) PENGARUH E-COMMERCE DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SILIWANGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
kata pengantar-daftar gambar.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah mengenai perilaku konsumtif yang terjadi pada mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Siliwangi. Perilaku konsumtif merupakan perilaku berlebihan dalam mengonsumsi suatu produk tanpa didasari oleh kebutuhan, tetapi oleh keinginan, dan bersifat irasional serta dipengaruhi oleh faktor-faktor sosiologis dalam kehidupan. Tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Siliwangi, bagaimana pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Siliwangi, dan bagaimana pengaruh e-commerce dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Siliwangi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan desain eksplanatori. Ada pun alat penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Alat uji untuk menganalisis data menggunakan uji regresi untuk mengetahui ketergantungan variabel bebas (e-commerce dan gaya hidup) terhadap variabel terikat (perilaku konsumtif), dan uji determinasi untuk mengetahui persentase pengaruh variabel variabel bebas (e-commerce dan gaya hidup) terhadap variabel terikat (perilaku konsumtif). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Siliwangi angkatan 2015, 2016, 2017, dan 2018 yang berjumlah 513 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportiane stratified random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 225 orang. Hasil pengolahan data menggunakan uji parsial (t) menghasilkan nilai t hitung untuk variabel e-commerce sebesar 13,029 dengan signifikansi 0,000 yang berarti e-commerce berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, nilai t hitung variabel gaya hidup sebesar 2,328 dengan signifikansi 0,021 yang artinya gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Uji simultan (F) menghasilkan nilai F hitung 87,024 dengan signifikansi 0,000 yang berarti e-commerce dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Uji regresi linier berganda menghasilkan persamaan Ŷ = 11,151 + 0,620X1 + 0,105X2, artinya e-commerce berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 0,620 kali, dan gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 0,105 kali. Selain itu, nilai koefisien determinasi simultan menunjukkan nilai R2 = 0,435 = 43,5%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel e-commerce dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Siliwangi adalah sebesar 43,5% dan sisanya 56,5% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Kata kunci: e-commerce, gaya hidup, perilaku konsumtif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:04
Last Modified: 03 Sep 2019 01:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item