APLIKASI ANTRIAN PENDAFTARAN ONLINE UNTUK PUSKESMAS DENGAN METODE ANTRIAN FIRST COME FIRST SERVED (FCFS) (STUDI KASUS : PUSKESMAS KERSANEGARA)

Mulyana, Ricad (2021) APLIKASI ANTRIAN PENDAFTARAN ONLINE UNTUK PUSKESMAS DENGAN METODE ANTRIAN FIRST COME FIRST SERVED (FCFS) (STUDI KASUS : PUSKESMAS KERSANEGARA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Puskesmas Kersanegara merupakan sebuah pusat kesehatan masyarakat yang berada di Tasikmalaya Puskesmas ini melayani lebih dari 100 pasien yang datang setiap harinya. Pada Puskesmas Kersanegara memiliki waktu kedatangan pasien random yang berarti pasien dapat datang kapan saja, waktu pelayanan random yang berarti waktu pasien untuk dilayani oleh petugas Kesehatan karena setiap pasien memiliki waktu pelayanan yang unik, sehingga tidak dapat diprediksi secara pasti. Puskesmas Kersanagara masih menggunakan sistem antrian konvensional yang sudah tidak efektif digunakan, ditambah lagi pada masa pandemic seperti ini. Customer service (petugas pelayanan) masih berinteraksi langsung dengan pasien pada saat pengambilan antrian, sehingga sering terjadi penerima layanan antrian berkerumun setiap harinya. Bahkan sering terjadi kecurangan dalam antrian. Hal tersebut dapat berdampak pada naiknya tingkat penyebaran covid, bahkan dapat menciptaan cluster baru. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu aplikasi sistem informasi antrian online berbasis website menggunakan algoritma first come first served (FCFS) untuk mengurangi jumlah antrian di lokasi dengan menggunakan aplikasi antrian online dan membuat sistem antrian yang adil dengan menggunakan algoritma First Come First Served. Kata Kunci : Sistem Informasi, Website, PUSKESMAS, Antrian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:32
Last Modified: 09 Sep 2022 08:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6634

Actions (login required)

View Item View Item