PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PJOK: DARI SUDUT PANDANG MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

AMELIA, JENI NUR (2022) PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PJOK: DARI SUDUT PANDANG MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK JENI NUR AMELIA. 2022. Penggunaan Literasi Digital dalam Pembelajaran PJOK: dari Sudut Pandang Motivasi Belajar Siswa. Jurusan Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Kota Tasikmalaya. Dalam dunia pendidikan, peserta didik menjadi salah satu pengguna informasi. Seiring dengan konsep pembelajaran yang berubah menjadi serba digital, penyaringan informasi yang didapat oleh siswa saat mencari materi yang bersumber dari internet akan terlihat optimal jika peserta didik memanfaatkannya, sehingga nantinya akan berdampak pada motivasi belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan literasi digital dalam pembelajaran PJOK dilihat dari sudut pandang motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, penelitian ini melalui beberapa tahapan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dokumentasi serta triangulasi. Pada penelitian ini motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK merupakan subjek penelitian, tepatnya yaitu peserta didik kelas XII SMA 4 Kota Tasikmalaya. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Diperoleh hasil penelitian bahwa mayoritas peserta didik ditinjau dari indikator aspirasi, kemampuan belajar, kondisi siswa, kondisi lingkungan, elemen dinamis pembelajaran dan upaya guru mengajar mayoritas menggunakan literasi digital sebagai sumber belajar. Secara keseluruhan dengan menggunakan pembelajaran berbasis digitalisasi, semangat serta motivasi siswa pun terlihat. Kata Kunci: Literasi Digital, Motivasi Belajar Siswa, PJOK

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:32
Last Modified: 09 Sep 2022 08:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6631

Actions (login required)

View Item View Item