PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi)

RAHMATILAH, RAHMATILAH (2019) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
001 COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
004 ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
005 KATA PENGANTAR.pdf

Download (111kB)
[img] Text
006 DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV - Part 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV - Part 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB IV - Part 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

Masalah pada penelitian tentang minat mahasiswa menjadi guru ekonomi. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian untuk mengetahui minat mahasiswa menjadi guru ekonomi, status sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar mahasiswa, pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar mahasiswa terhadap minat mahasiswa menjadi guru ekonomi. Metode penelitian merupakan survey eksplnatory. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, penyebaran angket, studi kepustakaan dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi universitas siliwangi yang berjumlah 503 mahasiswa dengan jumlah sampel 223 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengolahan data yang digunakan yaitu uji regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 33,532 + 0,239X1 + 9,718X2 yang berarti status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar mahasiswa memiliki pengaruh positif terhadap minat mahasiswa menjadi guru ekonomi artinya setiap terjadi kenaikan status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar mahasiswa maka minat mahasiswa menjadi guru ekonomi meningkat sebesar 0,239 + 9,718 satu satuan. Hasil uji determinasi adalah 5,1% berarti minat mahasiswa menjadi guru ekonomi dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar mahasiswa sebesar 5,1% dan 94.9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung 5.879 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,03690 dan probabilitasnya 0,003 lebih kecil dari α (0,05) artinya tolak H0 atau terima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi guru ekonomi mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. Kata Kunci : Status, Sosial, Ekonomi, Prestasi, Minat, Guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Sep 2019 01:03
Last Modified: 03 Sep 2019 01:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item