NURHIDAYAT, TAUFIK (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X Tekstil 2 SMK Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (85kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (119kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (125kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
Abstract
ABSTRAK TAUFIK NURHIDAYAT. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Permainan Bola Voli Dengan Menggunakan Model Discovery Learning, pada siswa kelas X Tekstil 2 SMK Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing bawah permainan bola voli dengan menggunakan model discovery learning siswa kelas X Tekstil 2 SMK Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan observer, yang merupakan guru PJOK dengan latar belakang permasalahan kurangnya model atau metode mengajar yang tepat supaya peserta didik lebih aktif dan hasil belajar pun meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Objek dari penelitian adalah siswa kelas X Tekstil 2 SMK Negeri 3 Kota Tasikmalaya sebanyak 37 siswa dalam satu kelas dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 9 orang dan siswa perempuan 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan penguji hipotesis, secara keseluruhan pada saat pra siklus persentase keberhasilan 27% atau sekitar 10 orang saja, pada saat siklus I terjadi peningkatan sebesar 48,65% dan pada saat siklus II mengalami peningkatan sebesar 91,89%. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah siswa kelas X Tekstil 2 SMK Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Passing Bawah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6610 |
Actions (login required)
View Item |