ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

KASMAN, RISKA NURMALASARI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
CAVAR.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK RISKA NURMALASARI KASMAN. 2022. Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif matematis peserta didik ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket kecerdasan logis matematis, pemberian tes kemampuan penalaran deduktif matematis, wawancara. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti, angket kecerdasan logis matematis, tes kemampuan penalaran deduktif matematis, wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tasikmalaya yaitu pada peserta didik kelas XI MIPA 7, aktivitas dalam penelitian ini peneliti memberikan angket kecerdasan logis matematis, memberikan soal tes kemampuan penalaran deduktif matematis, dan melakukan wawancara untuk mendeskripsikan bagaimana masingmasing subjek setiap kategori kecerdasan logis matematis dalam mengerjakan soal kemampuan penalaran deduktif matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa (a) Kemampuan penalaran deduktif matematis ditinjau dari kecerdasan logis matematis tinggi S-8 memiliki ciri-ciri pantang menyerah dalam menyelesaikan pembuktian-pembuktian, S-8 dapat mengerjakan soal tes kemampuan penalaran deduktif matematis dengan benar pada semua indikator kemampuan penalaran deduktif matematis. (b) Kemampuan penalaran deduktif matematis ditinjau dari kecerdasan logis matematis sedang S-2 memiliki ciri-ciri kurang memahami materi pembuktian tak langsung, S-2 dapat mengerjakan soal tes kemampuan penalaran deduktif matematis hanya sampai indikator menyusun pembuktian langsung. (c) Kemampuan penalaran deduktif matematis ditinjau dari kecerdasan logis matematis rendah S-4 memiliki ciriciri tidak mencoba mengerjakan perintah dalam soal, S-4 dapat mengerjakan soal tes kemampuan penalaran deduktif matematis hanya sampai indikator menyusun argumen yang valid. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis, Kecerdasan Logis Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:29
Last Modified: 09 Sep 2022 08:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6603

Actions (login required)

View Item View Item