PROSES BERPIKIR DIVERGEN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI HABITS OF MIND

NASRULLOH, MUHAMMAD ARIF (2021) PROSES BERPIKIR DIVERGEN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (508kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DLL.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD ARIF NASRULLOH. 2021. Proses Berpikir Divergen Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau dari Habits of Mind. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir divergen matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari habits of mind. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan eksploratif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal berpikir divergen berbentuk open ended, angket habits of mind dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Subjek penelitian terdiri dari enam orang peserta didik kelas delapan sekolah menengah pertama dengan dua subjek Habits of Mind Baik (SHoMB), dua subjek Habits of Mind Sedang (SHoMS) dan dua subjek Habits of Mind Kurang (SHoMK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Subjek dengan habits of mind baik mampu melakukan proses pengerjaan sesuai dengan strategi sebelumnya secara terampil, mampu memiliki pemikiran tentang suatu hal yang berbeda, mampu menghasilkan ide dan gagasan untuk merancang strategi penyelesaian tanpa memerlukan waktu yang lama dan mampu merancang serta menggunakan strategi penyelesaian dengan konsep matematis yang tepat tanpa memerlukan waktu yang lama. 2) Subjek dengan habits of mind sedang mampu melakukan proses pengerjaan sesuai dengan strategi sebelumnya meskipun masih perlu dikembangkan lagi, mampu memiliki pemikiran tentang suatu hal yang berbeda meskipun masih perlu dikembangkan lagi dan masih ada kekeliruan, mampu menghasilkan ide dan gagasan untuk merancang strategi penyelesaian dengan mengidentifikasi kembali permasalahan secara berulangulang dan mampu memunculkan rencana strategi yang akan digunakan dengan mengidentifikasi kembali permasalahan yang dipelajari sebelumnya. 3) Subjek dengan habits of mind kurang mampu melakukan proses pengerjaan sesuai dengan strategi sebelumnya meskipun masih masih ada kekeliruan, mampu memiliki pemikiran tentang suatu hal berbeda meskipun masih masih ada kekeliruan, mampu menghasilkan ide dan gagasan untuk merancang strategi penyelesaian dengan mengidentifikasi kembali permasalahan meskipun masih ada kekeliruan dalam perhitungan dan memerlukan pengulangan dalam memahami dan mengingat kembali materi yang relevan untuk merencanakan strategi penyelesaian masalah. Kata Kunci: Proses Berpikir Divergen Matematis, Open Ended, Habits of Mind

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:28
Last Modified: 09 Sep 2022 08:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6593

Actions (login required)

View Item View Item