PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

NURANISA, AI RINRIN (2022) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (458kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK AI RINRIN NURANISA. 2022. PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Motode yang digunakan yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika, angket gaya belajar, dan wawancara. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII-I di SMP Negeri 1 Rajapolah. Penentuan subjek berdasarkan pertimbangan yang menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah pada setiap kategori gaya belajar, mampu memberikan informasi mengenai soal kemampuan pemecahan masalahnya, dan mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika yaitu subjek gaya belajar visual (S30V) memiliki proses berpikir semikonseptual. S30V mampu mengemukakan apa yang diketahui dan ditanyakan, kurang mampu dalam membuat rencana penyelesaian dalam mencari volume benda pejal, mengalami kesalahan dalam menggunakan strategi sehingga kurang mampu mengungkapkan langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal, dan kurang mampu membuktikan dengan menggunakan cara lain. Subjek gaya belajar auditorial (S20A) memiliki proses berpikir konseptual. S20A mampu mengemukakan apa yang diketahui dan ditanyakan, mampu membuat rencana penyelesaian soal dengan lengkap, mampu mengungkapkan langkah yang ditempuh, dan kurang mampu membuktikan dengan menggunakan cara lain. Subjek gaya belajar kinestik (S8K) memiliki proses berpikir semikonseptual. S8K mampu mengemukakan apa yang diketahui dalam soal, kurang mampu mengemukakan apa yang ditanyakan dalam soal, kurang mampu menjelaskan rencana penyelesaian soal. S8K menduga hasil ukuran benda pejal sehingga kurang mampu mengungkapkan langkah yang ditempuh, dan kurang mampu membuktikan dengan menggunakan cara lain. Kata kunci: proses berpikir, kemampuan pemecahan masalah matematika, gaya belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:27
Last Modified: 09 Sep 2022 08:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item View Item