ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR STERNBERG

HASANAH, AI NOER IJJATUL (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR STERNBERG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
CAVAR.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)

Abstract

ABSTRAK AI NOER IJJATUL HASANAH. 2022. ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR STERNBERG. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir Sternberg. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket gaya berpikir Sternberg, tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket gaya berpikir Sternberg dan tes kemampuan penalaran matematis. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII E di SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya yang memenuhi lima indikator kemampuan penalaran pada setiap kategori gaya berpikir dan mampu berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya berpikir legislatif (S-21L) dapat memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis dengan baik dan benar serta teliti. Sedangkan subjek gaya berpikir legislatif (S-28L) pada indikator memberikan alasan terhadap beberapa solusi kurang memahami dalam permasalahan mencari tinggi tower. Dalam menjawab permasalahan, peserta didik legislatif bebas menentukan sesuatu dengan caranya sendiri. Peserta didik gaya berpikir eksekutif (S-09E) kurang teliti dalam menyelesaikan tinggi tower dan bingung dalam membuktikan permasalahan pada indikator memeriksa keshahihan suatu argumen. Sedangkan subjek gaya berpikir eksekutif (S-25E) pada indikator menyajikan gambar kurang teliti dalam memisalkan ke dalam permasalahan. Dalam menjawab permasalahan, peserta didik eksekutif mengerjakan permasalahan dengan struktur yang jelas. Peserta didik gaya berpikir judisil (S-26J) pada indikator menyajikan gambar kurang memahami konsep permasalahan sehingga pada indikator selanjutnya menjawab permasalahan dengan singkat dan merasa percaya diri mempertahankan hasil jawaban yang diperoleh ketika jawabannya berbeda dengan orang lain. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Gaya Berpikir Sternberg

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:27
Last Modified: 09 Sep 2022 08:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6576

Actions (login required)

View Item View Item