LEVEL BERPIKIR PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY MUMFORD

PAUZIAH, RAHMI SITI (2022) LEVEL BERPIKIR PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY MUMFORD. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
CAVAR.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

ABSTRAK RAHMI SITI PAUZIAH. 2022. LEVEL BERPIKIR PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY MUMFORD. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan level berpikir peserta didik berdasarkan Taksonomi SOLO dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar Honey Mumford. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes soal cerita, penyebaran angket gaya belajar Honey Mumford dan wawancara tidak terstruktur. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 4 Tasikmalaya yang memenuhi setiap langkah-langkah menyelesaikan soal cerita, level berpikir berdasarkan Taksonomi SOLO, memiliki jenis gaya belajar Honey Mumford dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan secara rinci dan jelas pada saat wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik level berpikir Relational dengan gaya belajar aktivis kurang teliti dalam melakukan perhitungan. Peserta didik pada level berpikir Multistructural dengan gaya belajar reflektor kurang teliti dan tidak melakukan persiapan sehingga tidak dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik. Peserta didik level berpikir Extended Abstract dengan gaya belajar reflektor cenderung menyelesaikan permasalahan dengan hati-hati. Peserta didik level berpikir Multistructural dengan gaya belajar pragmatis ) cenderung melakukan tindakan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dengan cepat dan percaya diri. Peserta didik level berpikir Relational dengan gaya belajar teoris (S 6 RT) kurang teliti dalam melakukan perhitungan untuk menentukan persamaan dan Peserta didik level berpikir Extended Abstract dengan gaya belajar teoris (S21 EAT) cenderung menganalisis dan mengikuti proses yang sistematis untuk menyelesaikan masalah. Kata kunci: Level Berpikir, Taksonomi SOLO, Soal Cerita, Gaya Belajar Honey Mumford

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:26
Last Modified: 09 Sep 2022 08:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6551

Actions (login required)

View Item View Item