KORELASI ANTARA KECERDASAN NATURALIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Korelasi Di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

HUSNA, SANI ROSYATUL (2022) KORELASI ANTARA KECERDASAN NATURALIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Korelasi Di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BABA II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

ABSTRAK SANI ROSYATUL HUSNA. 2021. KORELASI ANTARA KECERDASAN NATURALIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan naturalis dengan hasil belajar peserta didik pada sub materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh kelas X MIPA sebanyak 5 kelas dan sampel sebanyak 1 kelas berjumlah 36 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket kecerdasan naturalis. Angket kecerdasan naturalis terdiri dari 31 pernyataan menggunakan pengukuran skala Likert 4 kriteria jawaban dan hasil belajar didapatkan dari nilai rata-rata pada sub materi keanekaragaman hayati tahun ajaran 2020/2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi bivariat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kecerdasan naturalis dengan hasil belajar peserta didik pada sub materi keanekaragaman hayati dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,534 yang berarti hubungan kedua variabel bersifat sedang. Kontribusi dari kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar sebesar 28.5%. Kata Kunci: Korelasi; Kecerdasan Naturalis; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:25
Last Modified: 09 Sep 2022 08:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item View Item