MODEL MAGANG PENDIDIKAN NONFORMAL (Studi Pada Pengrajin Kayu di Kelurahan Sukahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya)

NURLELA, MIRA (2022) MODEL MAGANG PENDIDIKAN NONFORMAL (Studi Pada Pengrajin Kayu di Kelurahan Sukahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN .pdf

Download (132kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK MIRA NURLELA. 2022. MODEL MAGANG PENDIDIKAN NONFORMAL (Studi pada Pengrajin Kayu di Kelurahan Sukahurip Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya) Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Model magang merupakan program pelatihan yang di berikan kepada warga belajar oleh sumber belajar yang berpengalaman dalam produksi dimana pembelajaran ini di lakukan di lingkungan masyarakat yang mana pemilik industri menerapkan pembelajaran dengan asas kekeluargaan serta ikut serta dalam memberikan arahan pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses model magang pendidikan nonformal pada pengrajin kayu di industri kerajinan kayu di Kelurahan Sukahurip, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan adanya salah satu home industry kerajinan kayu yang menerapkan model magang pendidikan nonformal pada pengrajin kayu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Model Magang Pendidikan Nonformal yang berdasarkan analisis penelitian di lapangan dilakukan oleh pemilik industri kerajinan kepada pemagang yang mencakup pada 10 patokan DIKMAS. Pelaksanaan magang di laksanakan oleh pemilik yang di awali dengan perekrutan warga belajar yang berasal dari lingkungan sekitar dan dari luar. Proses pelatihan dalam pembelajaran di lakukan dalam beberapa tahapan yaitu tahap pembuatan pola, pemotongan kayu, bubut kayu, mengamplas kayu dan pemanggangan kayu sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam pembuatan kerajinan bahkan ada yang perpindahan profesi menjadi pemagang mandiri. Simpulan dari penelitian ini yaitu model magang pendidikan informal dilakukan pemilik industri kerajinan dengan asas kekeluargaan di mana dalam proses pembelajaran warga belajar di bimbing langsung oleh pemilik sendiri dan dari segi biaya relatif murah sehingga tidak membebankan warga belajar. Kata Kunci : Model, Magang, Pendidikan Nonformal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:25
Last Modified: 09 Sep 2022 08:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6544

Actions (login required)

View Item View Item