HUSNIYYAH, GHINA ASIH (2021) PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU DAN IMPLIKASINYA PADA KESIAPAN MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU YANG PROFESIONAL (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2017). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (195kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (264kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (308kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (407kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
Abstract
ABSTRAK Ghina Asih Husniyyah. (2021). Skripsi. Pengaruh Prestasi Belajar dan Locus of Control Internal terhadap Motivasi menjadi Guru dan Implikasinya Pada Kesiapan Mahasiswa sebagai Calon Guru yang Profesional (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Angkatan 2017). Dibawah bimbingan: Dr. Ade Rustiana, Drs., M.Si., dan Edi Fitriana Afriza, S.Pd., M.M. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar dan locus of control internal melalui motivasi menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional. Metode penelitian yang digunakan survei kuantitatif dengan desain kausal asosiatif. Populasi penelitian seluruh mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi angkatan 2017, dengan teknik proportional random sampling maka sampel sebanyak 290 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar dan locus of control internal terhadap motivasi menjadi guru (Sig.0,000 < 0,05); terdapat pengaruh positif dan signifikan locus of control internal dan motivasi menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional (Sig.0,000 < 0,05); dan terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional (Sig.0,247 > 0,05). Kemudian secara tidak langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar melalui motivasi menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional (t hitung 3,289 > t tabel 1,986); dan terdapat pengaruh positif dan signifikan locus of control internal melalui motivasi menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional (t hitung 3,531 > t tabel 1,986). Kata Kunci: Prestasi, locus of control, motivasi, kesiapan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:22 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6507 |
Actions (login required)
View Item |