PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU DAN IMPLIKASINYA PADA KESIAPAN MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU YANG PROFESIONAL (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2017)

HUSNIYYAH, GHINA ASIH (2021) PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU DAN IMPLIKASINYA PADA KESIAPAN MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU YANG PROFESIONAL (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2017). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (195kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

ABSTRAK Ghina Asih Husniyyah. (2021). Skripsi. Pengaruh Prestasi Belajar dan Locus of Control Internal terhadap Motivasi menjadi Guru dan Implikasinya Pada Kesiapan Mahasiswa sebagai Calon Guru yang Profesional (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Angkatan 2017). Dibawah bimbingan: Dr. Ade Rustiana, Drs., M.Si., dan Edi Fitriana Afriza, S.Pd., M.M. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar dan locus of control internal melalui motivasi menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional. Metode penelitian yang digunakan survei kuantitatif dengan desain kausal asosiatif. Populasi penelitian seluruh mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi angkatan 2017, dengan teknik proportional random sampling maka sampel sebanyak 290 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar dan locus of control internal terhadap motivasi menjadi guru (Sig.0,000 < 0,05); terdapat pengaruh positif dan signifikan locus of control internal dan motivasi menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional (Sig.0,000 < 0,05); dan terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional (Sig.0,247 > 0,05). Kemudian secara tidak langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar melalui motivasi menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional (t hitung 3,289 > t tabel 1,986); dan terdapat pengaruh positif dan signifikan locus of control internal melalui motivasi menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru yang profesional (t hitung 3,531 > t tabel 1,986). Kata Kunci: Prestasi, locus of control, motivasi, kesiapan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:22
Last Modified: 09 Sep 2022 08:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6507

Actions (login required)

View Item View Item