PELATIHAN VIDEO EDITING MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA (PKK) (Studi pada Program PKK Vokasi Paket C di PKBM GEMA Kota Tasikmalaya)

Karlina, Neng Lilis (2022) PELATIHAN VIDEO EDITING MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA (PKK) (Studi pada Program PKK Vokasi Paket C di PKBM GEMA Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTRA TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN .pdf

Download (194kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
9 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK NENG LILIS KARLINA. 2022. “PELATIHAN VIDEO EDITING MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA (PKK) (Studi pada Program PKK Vokasi Paket C di PKBM GEMA Kota Tasikmalaya)” Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Dibimbing Oleh Adang Danial dan Nastiti Novitasari. Keterampilan mengedit video sangatlah penting pada masa sekarang ini, terlebih dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi yang sangat pesat, sehingga menimbulkan persaingan antarbangsa, khususnya didunia kerja yang menuntut para pekerja agar memiliki skill dibidang teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelatihan video editing melalui program pendidikan kecakapan kerja (PKK) vokasi paket C di PKBM GEMA Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengelola lembaga, instruktur pelatihan, staf radar TV Tasikmalaya dan peserta pelatihan. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini yaitu berjumlah 6 orang, yang terdiri dari 1 orang pengelola lembaga, 2 orang instruktur pelatihan, 1 orang staf Radar TV Tasikmalaya, dan 2 orang peserta pelatihan. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa proses pelatihan video editing terdiri dari tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu identifikasi kebutuhan pelatihan, perumusan tujuan pelatihan, penentuan sumber, mendesain program pelatihan, dan perumusan silabus serta kurikulum. Tahap pelaksanaan terdiri dari penyampaian materi, praktek menggunakan aplikasi dan kegiatan magang. Adapun untuk tahap evaluasi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) melalui uji kompetensi. Simpulan pelatihan video editing diselenggarakan secara sistematis dan penuh dengan perhitungan agar dapat terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Pelatihan, Video editing, dan Warga belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:17
Last Modified: 09 Sep 2022 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item