PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMO GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING DI MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi)

Rohmatilah, Nurhadiani (2022) PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMO GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING DI MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK NURHADIANI ROHMATILAH, 2022, PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMO GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING DI MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi) Impulse buying atau pembelian tidak terencana merupakan suatu tindakan dalam kegiatan pembelian yang dilakukan secara spontan, tanpa terencana dan pertimbangan yang disebabkan karena adanya dorongan keinginan secara tiba-tiba dari konsumen untuk melakukan pembelian yang tidak dapat dihindari. Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan hasil bahwa sebanyak 88% Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi yang notabene-nya beraga Islam melakukan impulse buying pada marketplace shopee, dan ini termasuk pada kategori yang sangat tinggi. Impulse Buying ini jelas tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Berbicara mengenai hal ini, kita selaku konsumen pasti akan menyadari bahwa munculnya impulse buying ini tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, peneliti mengambil jawaban paling banyak dari hasil studi pendahuluan yaitu faktor harga, kualitas produk, dan promo gratis ongkir. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka didapat rumusan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan impulse buying di marketplace shopee pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi, 2) Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keputusan impulse buying di marketplace shopee pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi, 3) Bagaimana pengaruh promo gratis ongkir terhadap keputusan impulse buying di marketplace shopee pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi, 4) Bagaimana pengaruh harga, kualitas produk, dan promo gratis ongkir secara bersama-sama terhadap keputusan impulse buying di marketplace shopee pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi yang pernah melakukan belanja online pada marketplace shopee dan pernah melakukan pembelian tanpa perencanaan, dimana jumlahnya tidak teridentifikasi atau tidak diketahui secara pasti, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang diambil yaitu 100 orang responden. Teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi, analisis regresi, uji t, dan uji F. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian: 1) Harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan impulse buying, 2) Kualitas Produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan impulse buying, 3) Promo Gratis Ongkir secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan impulse buying, 4) Harga, Kualitas Produk, dan Promo Gratis Ongkir secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan impulse buying. Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Promo Gratis Ongkir, dan Impulse Buying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:16
Last Modified: 09 Sep 2022 08:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6492

Actions (login required)

View Item View Item