PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cimaragas Tahun Ajaran 2021/2022)

Ristiani, Rina (2022) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cimaragas Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (85kB)
[img] Text
4_ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
6_DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (106kB)
[img] Text
7_BAB 1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
8_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
9_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
10_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
11_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Rina Ristiani. 2021. PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang cukup rendah pada pelajaran fisika karena dianggap sulit dan terlalu banyak rumus-rumus. Hal ini dapat dilihat dari seluruh nilai ulangan harian pelajaran fisika dengan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 59.5, dan kelas eksperimen sebesar 62, sehingga yang belum memenuhi KKM sekitar 53%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan solusi salah satunya dengan memilih pembelajaran menggunakan pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus. Metode yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi yang diambil berjumlah 46 siswa dengan teknik sampel jenuh dari kelas kontrol sebanyak 23 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 23 siswa. Data yang diambil yaitu dari hasil posttest dengan instrumen soal pilihan ganda sebanyak 25 butir. Setelah diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 79.13. Sedangkan untuk kelas control yang menggunakan pendekatan kosep mendapat rata-rata 72.54. Sehingga hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan CTL. Kata kunci: Pendekatan CTL, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:17
Last Modified: 28 Jul 2022 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6457

Actions (login required)

View Item View Item