AUDIT KESELAMATAN JALAN DAN TINJAUAN KAPASITAS JALAN (Studi Pada Jalan Kolonel Basyir Surya)

Gunady, Faisal Rizki (2021) AUDIT KESELAMATAN JALAN DAN TINJAUAN KAPASITAS JALAN (Studi Pada Jalan Kolonel Basyir Surya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. JUDUL.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (77kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (213kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
12. DAFTRA PUSAKA.pdf

Download (11kB)

Abstract

AUDIT KESELAMATAN JALAN DAN TINJAUAN KAPASITAS JALAN Faisal Rizki Gunady1, Empung Ir., M.T2, Pengki Irawan S.TP., M.Si2 Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No.24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia Email : frg.isal46@gmail.com ABSTRAK Data kecelakan dari Polres Tasikmalaya Kota memperlihatkan bahwa tingkat kecelakaan pada ruas Jalan Kolonel Basyir Surya adalah 19 kali pada tahun 2019 dengan faktor penyebab human error 61,53% dan faktor lingkungan atau Jalan 38,46%. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan serta penanganan yang diperlukan pada lokasi rawan kecelakaan di ruas jalan ini. Tahapan dalam penelitian ini antara lain dengan Audit Keselamatan Jalan, Analisis Geometrik Jalan, Analisis Kapasitas Jalan dan Menghitung Durasi Lampu Lalu-lintas untuk Simpang tidak bersinyal di persimpangan POS AU. Hasil dari Audit Keselamatan Jalan dengan presentase pembobotan Skala Guttman diperoleh rasio kecelakaan sebesar 57,5% berada dalam kategori ‘kurang aman’. Hasil analisi Geometrik dan Kapasitas Jalan belum memenuhi standar kelayakan jalan bersumber dari Tabel Direktorat Jendral Bina Marga dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, layaknya kecepatan lapangan maupun kecepatan rencana harus diturunkan menjadi 45 km/jam. Selaim itu, memasang rambu lalu lintas sebelum tikungan untuk memberitahukan kepada pengemudi bahwa ketika melewati tikungan tersebut harus menurunkan kecepatan menjadi 45 km/jam, memasang lampu lalu-lintas atau Traffic Light di Simpang Pos AU dengan perhitungan durasi lampu lalu-lintas untuk Jalan Kolonel Basyir Surya (Timur) lampu hijau 27,2 detik, lampu kuning 3 detik, dan lampu merah 132,5 detik. Untuk Jalan Letjen Mashudi (Selatan) lampu hijau 38,9 detik, lampu kuning 3 detik, dan lampu merah 152,7 detik. Untuk Jalan Letjen Mashudi (Barat) lampu hijau 24,7 detik, lampu kuning 3 detik dan lampu merah 52,1 detik. Kata Kunci: : Audit Keselamatan, Evaluasi Geometrik Jalan, Kapasitas Jalan, Perhitungan Durasi Lampu Lalu-lintas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:49
Last Modified: 15 Jul 2022 03:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6389

Actions (login required)

View Item View Item