STUDENT-TEACHERS’ STRATEGIES IN MOTIVATING STUDENTS IN EFL CLASSROOM

PERMATASARI, FANI INOVA PUTRI (2021) STUDENT-TEACHERS’ STRATEGIES IN MOTIVATING STUDENTS IN EFL CLASSROOM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (234kB)
[img] Text
5-ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
2- LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
9-TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (232kB)
[img] Text
13-CHAPTER 1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
14-CHAPTER 2.pdf

Download (128kB)
[img] Text
15-CHAPTER 3.pdf

Download (415kB)
[img] Text
16-CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
17-CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
18-REFERENCES.pdf

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK FANI INOVA PUTRI PERMATASARI. 2021. “Student-Teachers’ Strategies In Motivating Students In EFL Classroom”. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian studi kasus deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi yang digunakan oleh mahasiswa yang menjadi guru di sekolah dalam memotivasi siswanya untuk belajar Bahasa Inggris di dalam kelas. Responden dalam penelitian ini adalah 3 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Universitas di Jawa Barat, Indonesia. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara yang bersifat semi terstruktur dengan menggunakan teori motivational teaching practice (Dornyei, 2001). Selanjutnya perolehan data dari hasil wawancara akan dianalisis secara tematik, akhirnya penelitian ini menemukan bahwa ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk memotivasi siswa, diantaranya; (1) Membuat siswa antusias dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, (2) Menciptakan suasana kelas yang baik, menyenangkan dan mendukung, (3) Mengembangkan hubungan yang baik, bermakna dan saling menghormati dengan siswa, (4) Menggunakan berbagai metode, (5) Membuat bahan ajar yang sesuai untuk siswa, (6) Memberikan siswa tanggungjawab, (7) Membantu siswa yang kesulitan dalam belajar, (8) Menginspirasi atau memberikan teladan yang baik kepada siswa, (9) Membuat siswa bekerja secara kolaboratif, (10) Memberikan penghargaan.Selain itu, penelitian ini memberi kontribusi nyata bagi siswa maupun pengajar. Bagi guru penelitian ini dapat memberi gambaran penting serta dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar untuk mendesain metode pembelajaran agar siswa termotivasi. Selain itu bagi siswa, pentingnya strategi memotivasi dapat menginspirasi dan membangkitkan motivasi siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:13
Last Modified: 15 Jul 2022 02:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item View Item