PROFIL PENGETAHUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK MENGENAI SUB MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

AGUSTIN, WIDIA NARASANTI (2020) PROFIL PENGETAHUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK MENGENAI SUB MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI WIDIA NARASANTI AGUSTIN (A4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK WIDIA NARASANTI AGUSTIN 2020 PROFIL PENGETAHUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI VERTEBRATA DIKELAS X MIPA SMAN 3 TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pengetahuan kognitif peserta didik dalam pembelajaran biologi mengenai sub materi vertebrata di kelas X MIPA SMAN 3 Tasikmalaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen hasil belajar sebanyak 37 butir soal pilihan majemuk mengenai sub materi vertebrata yang dikerjakan oleh 30 peserta didik kelas X MIPA 4. Dilakukan pula wawancara bersama guru biologi dan beberapa peserta didik untuk mendapatkan keabsahan data dari soal tes yang sudah dikerjakan. Tes hasil belajar mencakup indikator dalam dimensi kognitif, yaitu dimensi ranah pengetahuan kognitif yang terdiri dari K1 dan K2, serta dimensi ranah proses kognitif yang terdiri dari C1-C5. Data dianalisis dengan cara mencari rata-rata nilai dan rata-rata skor dari masing-masing indikator pada ranah kognitif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data sebagai berikut: 1) Dimensi pengetahuan kognitif peserta didik lebih baik pada pengetahuan faktual; 2) Dimensi proses kognitif yang dikuasai oleh peserta didik adalah pada C1 (proses mengingat), sedangkan yang kurang dikuasai oleh peserta didik adalah pada C4 (proses menganalisis); 3) Penguasaan konsep peserta didik pada sub materi vertebrata yaitu materi yang dianggap mudah oleh peserta didik merupakan materi yang bersifat umum karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari; 4) Kesulitan peserta didik dalam mempelajari sub materi vertebrata adalah dalam segi mendalami materi, karena banyaknya jenis hewan vertebrata yang harus dikuasai oleh peserta didik. Dan dalam segi menganalisis berbagai macam hewan vertebrata membuat peserta didik kesulitan untuk dapat memahami bentuk soal cerita mengenai hewan vertebrata yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Pengetahuan Kognitif, Proses Kognitif, Sub Materi Vertebrata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:12
Last Modified: 15 Jul 2022 02:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6343

Actions (login required)

View Item View Item