PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 2 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DENGAN POKOK BAHASAN PEMBEBASAN IRIAN BARAT DI SMA NEGERI 1 BABAKANSEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020

ASSYIFA, HASNA (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 2 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DENGAN POKOK BAHASAN PEMBEBASAN IRIAN BARAT DI SMA NEGERI 1 BABAKANSEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Hasna Assyifa 162171061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HASNA ASSYIFA. 2020. PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 2 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DENGAN POKOK BAHASAN PEMBEBASAN IRIAN BARAT DI SMA NEGERI 1 BABAKAN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pembelajaran sejarah Indonesia di kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Babakan sebelum menggunakan metode pembelajaran role playing.2) langkah-langkah penggunaan metode pembelajaran role playing di kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Babakan semester genap tahun ajaran 2019/2020. 3) pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap minat belajar siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Babakan semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digukanan yakni dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian PreExperimental Designs, dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan observasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Babakan yang terbagi menjadi 5 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu XII MIPA 2 sebagai kelas eskperimen dengan jumlah 36 siswa, sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa 16 butir pernyataan kuesioner minat belajar dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran role playing berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata kuesioner minat belajar setelah diterapkan metode pembelajaran role playing yaitu 70,1015, sedangkan hasil rata-rata kuesioner minat belajar sebelum diterapkannya metode pembelajaran role playing yaitu 63,6904. Dari hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk terlihat bahwa data sebelum treatment memliki nilai signifikansi 0,671 dan data sesudah treatment memiliki nilai signifikansi 0,840. Nilai signifikansi kedua angket tersebut lebih besar dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa data sebelum dan sesudah treatment di kelas tersebut berdistribusi normal. Data angket sebelum perlakuan dan angket setelah perlakuan mempunyai nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,138, yang kemudian dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Hasil pengolahan data menggunakan Paired Sample T Test pada hasil kuesioner sebelum dan sesudah diterapkannya metode pembelajaran role playing menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed)yaitu 0,00 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran role playing pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan pembebasan Irian Barat terhadap hasil belajar siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Babakan Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Role playing, Pembelajaran Sejarah, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:11
Last Modified: 15 Jul 2022 02:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6333

Actions (login required)

View Item View Item